logo

Exciting Banten dengan 7 Wonders of Banten yang mempesona

Banten yang ditetapkan sebagai salah satu provinsi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2000 memiliki pesona alam yang indah dan beberapa diantaranya merupakan tempat wisata yang sangat populer di Indonesia bahkan terkenal sampai ke mancanegara. Tidak hanya itu, masyarakat Banten juga memiliki akar agama yang kuat dan memiliki budaya asli yang masih eksis sampai saat ini, sehingga menjadi destinasi wisata religi dan budaya.

Sedemikian eksotisnya Banten sehingga banyak yang membuat penilaian berdasarkan keunikan dan popularitasnya, seperti juga judul posting kali ini yaitu Tujuh Keajaiban Banten (7 Wonders of Banten). Branding Exciting Banten dengan 7 Wonders of Banten diyakini bisa menjadi daya tarik kunjungan para wisatawan. 

Berikut ini kawasan yang termasuk 7 Wonders of Banten :

Pantai Sawarna

Lanskap keindahan alam terselip menghadap Samudera Hindia. Pantainya berpasir putih, berair biru jernih dan dapat berubah-ubah seiring dengan perubahan waktu, serta berbukit hijau nan lebat. Panjang pantainya mencapai 65 km dihiasi karang dan pasir putih. Pantai ini adalah pantai terindah dari lima pantai yang dimiliki Provinsi Banten, sekitar 7 km dari lokasi Pantai Pulau Manuk.

Pantai Sawarna berada di sebuah desa pesisir yang memiliki berbagai macam objek wisata menarik untuk dikunjungi seperti pantai, sungai, hutan, panjat tebing, gua, dan agrowisata. Di sepanjang pantai, terdapat karang besar yang indah, biasanya dikenal dengan nama Tanjung Layar.  Pengunjung juga dapat merasakan snorkeling untuk menyapa beragam ikan hias dan terumbu karang di Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Taraje, dan  Pantai Legon Pari

Beberapa Goa disekitar pantai menambah daya tarik pantai ini, goa yang berbeda ukuran dapat dikunjungi seperti : Goa Lalay, Goa Sikadir, Goa Cimaul, Goa Singalong, dan Bukit Pasir Tangkil. Goa di Sawarna merupakan gua karst (batu gamping) yang terbentuk dari masa Miosen awal. 

Sawarna dikelilingi oleh lautan, pegunungan, dan persawahan, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan domestik dan manca negara. Bagi pecinta surfing, Pantai Sawarna merupakan tempat yang cocok, banyak pelancong dari manca negara datang hanya untuk menikmati surfing dengan ombak yang luar biasa besarnya.

pantai tanjung layar
pantai pasir putih

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang adalah Taman Wisata Alam yang terletak di Selat Sunda ± 10 Km dari Pantai Anyer, termasuk ke dalam wilayah Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Terdapat perkampungan penduduk bernama Legoon Waru dan dihuni oleh sekitar 50 kepala keluarga, dan sehari-hari menggunakan 3 bahasa yang digunakan yaitu, Sunda, Jawa dan Lampung.

Pulau Sangiang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama yang menyukai wisata bahari. Keindahan alam dan pantai berpasir putih serta gugusan terumbu karang yang dihiasi ikan berwarna-warni merupakan obyek wisata utama di kawasan ini.

Selain itu Taman Wisata Alam Pulau Sangiang memiliki potensi flora dan fauna yang beragam dan masih asli, terdapat pula bangunan berupa menara pandang peninggalan Jepang dari zaman Perang Dunia ke-2 dan goa kelelawar dimana banyak kelelawar bersarang di dinding-dinding goa dan di bawahnya merupakan laut tempat hidup sepasang ikan hiu yang menunggu para kelelawar jatuh untuk kemudian memakannya.

Selain wisata bahari dengan taman bawah lautnya yang cantik, di pulau Sangiang terdapat tanah lapang yang luas dan bisa digunanakan untuk berkemah dengan aman. Kekayaan flora dan fauna langka juga menjadikan pulau Sangian sebagai objek penelitian yang mengagumkan.

pulau sangiang
pulau sangiang
pulau sangiang

Situs Banten Lama

Banten memang kaya akan situs peninggalan sejarah, mulai dari zaman megalitik hingga penjajahan Jepang. Dan salah satu dari banyak situs peninggalan masa lampau yaitu situs sejarah Banten Lama yang merupakan sisa kejayaan Kerajaan Islam Banten pada Abad ke-16. Situs sejarah Banten Lama ini terletak di kecamatan Kasemen, kota Serang, Banten.

Di kawasan situs sejarah tersebut diantaranya kita dapat mengunjungi Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama yang dijadikan tempat untuk menyimpan benda-benda purbakala. Tepat didepan museum  terdapat  Keraton Surosowan yang dibangun tahun 1552 dan dihancurkan oleh VOC pada tahun 1808.

Dekat dengan Keraton Surosowan terdapat Masjid Agung dengan Menara yang dibangun pada tahun 1620 pleh arsitek Belanda yang membelot. Menara ini dulu digunakan untuk mengumandangkan adzan dan mengawasi prairan laut.

500 meter ke arah utara dari masjid agung, dapat kita temukan Benteng Speelwijk yang didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1682 sebagai tempat bermukim orang-orang Belanda dan untuk mengontrol segala kegiatan kesultanan Banten, sekaligus memonopoli perdagangan merica dari Lampung Selatan.

Tepat didepan benteng Speelwik terdapat Vihara Avalokitesvara yang merupakan salah satu dari vihara tertua di Indonesia karena dibangun pada tahun 1652. Vihara ini menjadi simbol tingginya toleransi pada masa itu karena vihara ini dibangun oleh Syeh Syarief Hidayatullah untuk para perantau Cina yang membutuhkan tempat untuk beribadah.

Selain itu juga terdapat Istana Kaibon yang menjadi pusat pemerintahan dari tahun 1815-1832. Istana Kaibon terletak tidak jauh dari Pelabuhan Krangantu yang pada masa itu merupakan pelabuhan terpenting dan terbesar di Indonesia.

benteng banten
masjid agung banten lama
benteng kesultanan banten

Taman Nasional Ujung Kulon

Terdiri dari Pulau Peucang, Panaitan, Handeuleum, Taman Jaya dan Gunung Honje Utara. Merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas di Jawa Barat, serta merupakan habitat yang ideal bagi kelangsungan hidup satwa langka Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) dan satwa langka lainnya.

Terdapat tiga tipe ekosistem di taman nasional ini yaitu ekosistem perairan laut, ekosistem rawa, dan ekosistem daratan. Taman Nasional ini menjadi Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia, dan juga sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 Badak Jawa hidup di habitat ini.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan obyek wisata alam yang menarik, dengan keindahan berbagai bentuk gejala dan keunikan alam berupa sungai-sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya/sejarah (Arca Ganesha, di Gunung Raksa Pulau Panaitan).

Kesemuanya merupakan pesona alam yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sulit ditemukan di tempat lain.

Pantai Anyer

Letak provinsi Banten yang berada di ujung barat pulau Jawa dengan wilayahnya yang mapir 75% berbatasan langsung dengan laut, menjadikan Banten begitu terkenal dengan wisata pantai.

Anyer merupakan sebuah desa di kabupaten Serang. Terletak di pesisir pantai menghadap langsung ke selat Sunda dan telah menjadi obyek wisata favorit sejak tahun 1980. Tidak hanya sekedar wisata pantai, Anyer juga bisa menjadi destinasi wisata sejarah, terdapat mercusuar yang dibangun oleh penjajah Belanda, dan didekat mercusuar tersebut ada sebuah prasasti penanda KM.0 jalan raya pertama yang dibangun di pulau Jawa sepanjang 1806 KM, mulai dari Anyer sampai Panarukan. Panorama selat sunda semakin dipercantik dengan latar belakang Gunung Krakatau yang masih aktif dan terus memperbesar diri.

Gunung Pulosari

Gunung Pulosari yang memiliki ketinggian 1346 Mdpl terletak di Pandeglang-Banten. Pesona alam yang ada di Gunung Pulosari, yaitu Curug Putri (air terjun) dan Kawah Gunung yang mengeluarkan asap belerang.

Gunung Pulosari menjadi tujuan yang menyenangkan bagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian ringan. Air terjun curug putri merupakan sumber air yang dapat langsung diminum bagi para pendaki, dan menurut penduduk sekitar air terjun curug putri ini merupakan tempat para bidadari turun dari kayangan untuk mandi pada saat ada pelangi setelah hujan.

Sementara di kawah belerang para pendaki dapat mendirikan tenda jika ingin menginap. Dikawah belerang pendaki bisa merasakan sensasi merebus air dengan sumber air panas alam.Disekitar gunung Pulosari, terdapat banyak peninggalan tradisi megalitik yang dapat memberikan gambaran bahwa sebuah peradaban pernah ada di lokasi tersebut. Gejala perkembangan peradaban manusia dari tingkat berburu dan mengumpulkan makanan beralih ke pola kehidupan menetap dengan mata pencaharaian bercocok tanam.

Situs-situs tersebut berupa arca, situs batu Goong, situs batu ranjang, situs Cihunjuran (Kerajaan Salakanagara), situs batu Simbol, situs batu Tumbul, pemandian Citaman dan beberapa menhir lainnya.

Wisata budaya Suku Baduy

Keberadaan Suku Baduy merupakan daya tarik tersendiri. Suku yang bermukim di areal seluas 5.101 ha di Desa Kanekes, Leuwidamar atau sekitar 38 km dari Rangkasbitung, kota kabupaten Lebak.

Untuk menuju kawasan itu dapat menggunakan mobil dengan waktu tempuh 1,5 jam dari Rangkasbitung ke Ciboleger, pintu gerbang Kanekes. Suku Baduy terbagi menjadi dua bagian yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar.

Baduy Dalam bermukim di tiga kampung yaitu Cikeusik, Cikertawarna dan Cibeo sedangkan Baduy luar bermukim di kampung-kampung di luar ketiga kampung dalam tersebut. Dengan jumlah kampung seluruhnya ada 53 kampung. 

Masyarakat Baduy memiliki hukum adat yang sangat kuat dengan sistim pemerintahan sendiri yaitu pemerintahan adat Baduy dengan kepala pemerintahan disebut Puun yang jumlahnya ada tiga yaitu: Puun Cikeusik, Cikertawarna dan Cibeo. Para Puun ini dibantu oleh para jaro sebanyak delapan orang yang mempunyai fungsi dan tugasnya masing-masing.

Sebenarnya banyak sekali destinasi wisata populer di Banten dan menjadi tujuan wisata populer. Ada juga beberapa pengembangan wisata yang nantinya bisa menjadi destinasi pilihan selain wisata alam dan pantai, yaitu berbagai desa wisata seperti pengrajin batik khas Banten, pengrajin gerabah dan desa ramah lingkungan yang lebih dikenal dengan nama desa menara bambu. Maka, datanglah ke Banten dan temukan keindahan-keindahan yang ada di provinsi ini.

sumber :http://www.backpackerkoprol.com

Summary
Exciting Banten dengan 7 Wonders of Banten
Article Name
Exciting Banten dengan 7 Wonders of Banten
Description
Banten memiliki pesona alam yang indah dan beberapa diantaranya merupakan tempat wisata yang sangat populer di Indonesia bahkan terkenal sampai ke mancanegara. Tidak hanya itu, masyarakat Banten juga memiliki akar agama yang kuat dan memiliki budaya asli yang masih eksis sampai saat ini, sehingga menjadi destinasi wisata religi dan budaya.
Author
Publisher Name
sawarna loka
Publisher Logo
Share Sosial Media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6K
    Shares

Leave a Reply

*